arts and culture

Minal Aidzin Walfaidzin 1433 H. Mulai dari angka NOL (kosong) lagi ya.

Friday, August 17, 2012
Asyik, lebaran sebentar lagi tiba. Rasanya baru kemarin kita memasuki bulan Ramadhan dan memulai berpuasa. Hari ini tanpa terasa pula sebentar lagi kita akan memasuki bulan Syawal yang tinggal menghitung hari dan kita umat muslim dunia akan merayakan kemenangan dengan berhari Raya Aidilfitri. Bukan lagi berlari namun waktu sepertinya telah melesat sedemikian cepat.


Lebaran tahun 2012 ini, teman semua pasti sebahagian sudah menyiapkan rencana mudiknya bukan? Pulang kampung agar boleh merayakan lebaran bersama segenap keluarga besar memang menjadi moment yang sangat menyenangkan. Betapa tidak, biasanya pada Hari Raya Aidilfitri sanak saudara berkumpul untuk saling bersilaturahmi, saling maaf memaafkan, nikmati ketupat lebaran, bagi-bagi angpao lebaran, dan lain-lainnya, terasa sempurna rasanya hari lebaran kita.


Hari bermaaf-maafan ini memang sesuatu hal yang dinanti oleh umat muslim dunia dengan berbagai tradisi masing-masing, setelah sebulan penuh berpuasa maka dipuaskanlah makan-makan di hari lebaran. Hal ini akan terasa bagi orang yang full berpuasa sebulan penuh dan akan berbeda bagi orang yang tidak berpuasa, karena dia tidak merasakan kemenangan menahan hawa nafsu sebulan penuh.


Dan lebaran adalah awal kembalinya umat manusia lebih suci lagi, karena kita akan kembali mengumpulkan nilai ibadah kita untuk berjumpa dihari nan suci selanjutnya. Sayup terdengar takbir berkumandang, tanda Ramadhan akan lewa. Ampunan diharap, barokah didapat. Maka tidak salah jika ada orang yang rindu dengan Ramadhan dan sedih ketika berpisah dengan bulan Ramadhan, karena bulan penuh dengan kesempatan taubat telah berlalu, dan Allah memberikan hari kemenangan bagi ummatnya di hari raya nan suci.


Buat semua teman, kerabat, saudara dan tetangga saya yang turut sama menyambut dan merayakannya, dengan tulus dan rendah hati saya dan keluarga mengahaturkan Selamat Hari Raya Aidilfitri 1433 H, mohon kelapangan hati untuk memaafkan segala kesalahan peribadi baik disengaja atau tidak, baik perkataan atau perbuatan. Demikian pula seluruh kekhilafan kalian semua telah terhapus dalam catatan saya.


Minal Aidzin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan batin. Mari mulai lagi lembaran baru ...dimulai dari angka nol lagi ya.


P.s. Bagi yang mau mudik lebaran dan akan menggunakan kenderaan pribadi mahupun kendaraan umum agar hati-hati dan patuhilah peraturan lalu lintas. Jangan "ngebut" di jalan dan kalau mengantuk, istirahatlah sejenak di tempat yang memungkinkan. Selamat mudik, semoga selamat dan lancar sampai ke tempat tujuan.


Blog Stats

website counter

Online